Workshop  mengenai Penerapan Sistem Jaminan Halal Kepada Garda terdepan penyambung UKM yang hendak Sertifikasi Halal

LPPOM MUI Bangka Belitung menggelar Workshop Pengawas Pendampingan Penerapan Sistem Jaminan Halal Sistem Jaminan Halal (SJH) di Kantor MUI Babel, Lantai Tiga. Rabu (31/07) Pangkalpinang.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Direktur LPPOM MUI Babel, Nardi Pratomo ini diikuti sekitar 19 Penyuluh dari lima kabupaten/kota. Pelatihan menghadirkan narasumber Direktur LPPOM MUI Babel, Nardi Pratomo, dan Sekretaris LPPOM MUI Babel , Muhammad Ihsan.

Nardi Pratomo Mengajak para Penyuluh UKM perwakilan lima kab/kota terdiri dari Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan yakni :

“Mengontrol ke lapangan bagi UKM yang memasang logo halal tapi belum memiliki sertifikasi halal dan mengajak UKM untuk melakukan perpanjangan Sertifilasi Halal, Mengajak Para penyuluh untuk Auditor Halal Internal untuk UKM di tiap kab/kota, Melakukan dekralasi bela dan beli produk halal.”

Serta berkaitan dengan  pelatihan sistem jaminan halal  maka, “Peserta juga diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan dan mengimplementasikan Sistem Jaminan Halal melalui proses manajemen yang efektif dan efisien. Kemudian mampu untuk monitoring dan mengevaluasi penerapan Sistem Jaminan Halal pada produk yang dihasilkan,” ungkap Nardi.

M Ihsan menambahkan dalam  workshop penerapan sistem jaminan halal ini untuk bekal memastikan UKM yang ditangani oleh Penyuluh dapat melaksanakan penerapan sistem jaminan halal.

“Mereka nanti bertugas melaporkan kegiatan Penyuluh ke UKM berkaitan dengan sistem jaminan halal ke LPPOM MUI Babel serta sebagai penghubung antara Penyuluh UKM dan UKM dengan LPPOM MUI Babel sehingga memiliki kemampuan memahami 11 kriteria sistem jaminan halal yakni kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan dan edukasi, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, kemampuan telusur, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, auditor internal, serta kaji ulang manajemen,” Jelas Ihsan

Penulis : Aqwam

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.