LPPOM MUI Bangka Belitung Klarifikasi Soal Beredarnya Berita Sertifikasi Halal Gratis

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Direktur Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bangka Belitung (LPPOM MUI Babel), Nardi Pratomo memberikan penjelasan terkait beredarnya berita gratis sertifikasi produk halal untuk usaha mikro kecil (UMK) dengan omset maksimal Rp 1 miliar pertahun

“Beredar viral informasi itu, dimohon jangan jadi patokan dan pedoman karena belum ada pernyataan resmi tertulis dari pemerintah,”ujar Nardi saat ditemui bangkapos.com di kantor MUI Babel, Jumat (3/7/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya dalam hal ini bertugas memberikan pencerahan dan masukan terkait peraturan pemerintah untuk para UKM atau UMKM.

“Jangan percaya sebelum ada pernyataan resmi tertulis dari kementerian agama. Itu viral bisa jadi baru wacana atau bisa jadi disampaikan oknum pejabat lain bukan dari Pak Menteri. Sampai saat ini belum ada kejelasan jadi jangan percaya,” ucapnya.

“Saya khawatir apartur pemerintah yang asal share (membagikan informasi-red) . Mereka niatnya bagus tetapi malah menimbulkan masalag baru. Kami di MUI tidak terpengaruhi apa-apa dalam artian kami masih ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan sertifikasi halal kami laksanakan,” jelas Nardi.

Ia juga menambahkan walaupun ke depannya sertifikasi halal sudah dilaksanakan negara, tetapi tetap MUI yang mengeluarkan fatwa.

“Jadi jangan sampai berita yang belum jelas ini, dimakan bulat-bulat dan dibagikan, orang jadi tidak mau mengurus sertifikat hala sehingga imbasnya kepada mereka sendiri dalam segi penjualannya,” tuturnya.

Nardi juga menegaskan para pelaku usaha untuk tidak berniat memalsukan sertifikat halal, sebab ada ancaman pidananya.

“Memalsukan sertifikat halal pelanggaran no 33 tahun 2014 ancaman pidana 5 tahun dan denda Rp 2 miliar,” sebutnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul LPPOM MUI Bangka Belitung Klarifikasi Soal Beredarnya Berita Sertifikasi Halal Gratis, https://bangka.tribunnews.com/2020/07/03/lppom-mui-bangka-belitung-klarifikasi-soal-beredarnya-berita-sertifikasi-halal-gratis.
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.